Kamis, 21 Januari 2010

Contoh Out Line PTK


PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN PENGEMBANGAN PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA
(Eksperimen Kuasi di SMA Negeri 19 Bandung)
Judul tesis ini adalah Pembelajaran Menulis Karangan Eksposisi dengan Pengembangan Penilaian Portofolio untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa (Eksperimen Kuasi di SMA Negeri 19 Bandung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model penilaian portofolio yang diterapkan dalam pembelajaran menulis karangan eksposisi dapat meningkatkan kemampuan/prestasi belajar siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan sebagai berikut:
1) Adakah perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan penilaian portofolio dengan siswa yang tidak menggunakan penilaian portofolio?
2) Kendala apa yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis karangan eksposisi dengan penerapan penilaian portofolio?
3) Adakah pengaruh dari penilaian portofolio untuk kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia terutama pada keterampilan menulis karangan eksposisi?
Penelitian ini dilaksanakan dengan pemberlakuan tentang menulis karangan eksposisi terhadap dua kelas yang sama karakternya, yaitu terhadap kelas III IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas III IPA 1 sebagai kelas kontrol. Dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan proses dan hasil belajar siswa antara siswa yang menggunakan penilaian portofolio dengan siswa yang tidak menggunakan portofolio. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model One-group Pre-test Pos-test Design. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: pemberlakuan, observasi langsung, wawancara, angket, dokumentasi. Teknik pengolahan data hasil karangan siswa, dilakukan studi analisis untuk memperoleh data kuantitatif dengan perhitungan statistik berdasarkan uji t.
Landasan teori penelitian ini berisi materi-materi yang meliputi:
1) Menulis, yang terdiri atas: pengertian, tujuan, tahapan, langkah-langkah dan syarat-syarat.
2) Karangan eksposisi, yang terdiri atas: jenis-jenis karangan, ciri-ciri karangan eksposisi, langkah-langkah menulis karangan eksposisi, syarat dan metode karangan eksposisi.
3) Penilaian, terdiri atas: pengertian, prosedur, tujuan, manfaat, teknik dan umpan balik.
4) Penilaian portofolio, terdiri atas: pengertian, landasan pemikiran, prinsip-prinsip dasar, ciri-ciri, tujuan dan manfaat, karakteristik, kelebihan dan keterbatasan penilaian portofolio.
Hasil temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu:
1) pelajaran keterampilan menulis memerlukan waktu, tenaga, pikiran ekstra, dalam proses pembelajaran, begitu juga pembelajaran yang menggunakan penerapan portofolio,
2) menulis karangan dianggap pelajaran yang paling sulit,
3) kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh siswa adalah aspek kompleksitas (ejaan, tanda baca, diksi atau kaidah tata bahasa),
4) siswa belum dapat membedakan fungsi bahasa yang digunakan dalam jenis/bentuk karangan,
5) pembelajaran dengan penerapan penilaian portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan.
Saran penulis yaitu, untuk keberhasilan pembelajaran keterampilan menulis, guru diharapkan memberi pembinaan, dorongan, bimbingan yang serius dan berkesinambungan tanpa mengenal waktu, agar pelajaran yang dianggap sulit tersebut, siswa termotivasi untuk melakukan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar